Friday, April 22, 2016

Mengulas Kelebihan Mysql Dan MariaDb

Mariadb VS Mysql

Mengulas Kelebihan Mysql Dan MariaDb
juragan coding - mysql dan mariadb bagus mana ? nah mungkin ada beberapa dari sahabat coding yang bertanya seperti itu, ya wajar saja karena ke dua aplikasi mempunyai track record yang sangat bagus terlebih mariadb di gunakan oleh beberap situs besar seperti google yang memakai mariadb dan web sekelas wikipedia pun memilih wikipedia sebagai database nya, nah pertanyaan nya bagus mana mysql dan mariadb ?
mari kita lihat dibawah sahabt coding 

Pengertian mysql dan mariadb

Mysql :
MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia.
Mariadb
MariaDB merupakan versi pengembangan terbuka dan mandiri dari MySQL. Sejak diakuisisinya MySQL oleh Oracle pada September 2010, Monty Program sebagai penulis awal kode sumber MySQL memisahkan diri dari pengembangan dan membuat versi yang lebih mandiri yakni MariaDB. 
Kelebihan Mysql dan MariaDb
Mysql :

  1. Dapat bekerja di beberapa platform yang berbeda seperti LINUX, Windows, MacOS, FreeBSD, Solaris, dll.
  2. Dapat dikoneksikan pada bahasa C, C++, Java , Perl, PHP, dan Python.
  3. Mempunyai lebih banyak tipe data seperti : signed/unsigned integer yang memiliki panjang data sebesar 1,2,3,4 dan 8 byte. FLOAT, DOUBLE, CHAR, VARCHAR, TEXT, BLOB, DATE, TIME, DATETIME, TIMESTAMP, YEAR, SET, dan tipe ENUM.
  4. Mendukung penuh terhadap kalimat SQL GROUP BY dan ORDER BY . Mendukung terhadap fungsi penuh ( COUNT ( ), COUNT(DISTINCT), AVG( ), STD ( ), SUM ( ), MAX ( ), AND MIN ( ) ).
  5. Mendukung terhadap LEFT OUTHER JOIN dengan ANSI SQL dan sintak ODBC.
  6. Mendukung ODBC for windows 95' (dengan source program). Semua fungsi ODBC 2.5 dan sebagainya. Sebagai contoh kita dapat menggunakan Access untuk connect ke MySQL server.
  7. Menggunakan GNU automake, autoconf, dan LIBTOOL untuk portabilitas.
  8. Kita dapat menggabungkan beberapa table dari database yang berbeda dalam query yang sama. Structure table MySQL memiliki struktur tabel yang lebih fleksibel dalam menangani ALTER TABLE dibandingkan DBMS lainnya.
  9. Ditulis dengan menggunakan bahasa C dan C++. Diuji oleh compiler yang sangat jauh berbeda.
MariaDb :

  1. MariaDB itu sangat compatible dengan MySQL. Jadi kalo aplikasi kamu sekarang make MySQL lalu suatu saat MySQL dikomersilkan oleh Oracle (siapa tau aja…) maka kamu bisa dengan mudah pindah make MariaDB.
  2. Selamanya gratis. Mau dijelasin kaya apa, yang pasti gratisss.
  3. Penuh fitur. Fitur2nya melimpah, meskipun saya ngga make, ‘katanya’ sih begitu.
  4. Memilki storage engine yang lebih banyak dari MySQL. Nah kalo yang ini saya ngga begitu tertarik, yang penting mah database saya bisa jalan, itu aja udah cukup.
  5. Dikembangkan oleh si pembuat MySQL. Meskpun ganti nama, kalo dikembangin oleh yang nyiptainnya udah pasti akan terawat, karena pasti dia udah ngerti seluk beluk dan dalemannya
  6. Raksasa internet pada pindah. Yup, Wikipedia dan Google adalah 2 dari perusahaan raksasa yang beralih make MariaDB

Jadi Lebih Bagus Mana ?

kalo bicara lebih bagus mana seperti nya kedua aplikasi basis data tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan sendiri jadi itu semua tergantung kita sebagai developer untuk lebih bijak dalam mempertimbangkan mana aplikasi basis data yang seharus nya dapat menunjang performa web

nah sekian artikel tentang mengulas kelebihan dan kekurangan mysql dan mariadb semoga bermanfaat

Artikel Terkait