Tuesday, December 1, 2015

Pengetahuan Dasar Web Design - Hirarki Pada Design

Pengetahuan Dasar Web Design - Hirarki Pada Design - Memastikan bahwa desain yang kamu buat menampilkan hirarki yang jelas adalah hal yang sangat penting, karena design adalah seni sama halnya dengan web design, memahami Hirarki pada design juga bertujuan agar website kamu selaras dengan konten yang akan dimuat oleh website.

Juragan pastikan, dikampus atau di sekolah sekolah (kalo kursus Juragan kurang tau, Pengetahuan Dasar Web Design seperti seperti ini jarang dibahas, Juragan sendiri dapet teori ini di dunia kerja + banyak membaca tulisan tulisan dari para ahli, Juragan memang sedikit beruntung dipertemukan dengan orang orang hebat didunia digital branding yang sangat berpengalaman didunia design website.

Apa sih hirarki itu ??

hirarki adalah sebuah sistem atau organisasi di mana orang atau kelompok yang peringkat satu di atas yang lain sesuai dengan status atau otoritas.

Cek tante wiki biar tambah luas

Bagaimana hirarki bekerja dalam desain ??

Sebuah sistem atau organisasi di mana unsur-unsur dalam desain berurutan dengan urutan paling atas sampai urutan paling bawah sesuai dengan status atau kepentingannya.

Membangun hirarki bertujuan untuk menampilkan semua elemen yang berbeda dalam desain secara efektif, sesuai dengan seberapa penting elemen tersebut dan tingkat fokus atau perhatian yang harus ditempatkan pada suatu spot.

Hirarki juga bercerita tentang aktivitas user melalui website dan flow user pada website / aplikasi. Kamu bisa memanfaatkan hirarki yang kuat ketika mencoba untuk memudahkan user untuk pindah ke halaman satu k halaman lain.

Hirarki tidak hanya berhubungan dengan tata letak elemen visual, tetapi juga struktur website dari atas sampai bawah, di mana kita bergantung pada perencanaan yang dilakukan secara bertahap. Pada titik ini kita dapat melihat hirarki konten, bagaimana konten harus dibagi dan dikelola sehingga membantu kita untuk menghasilkan hirarki visual yang terstruktur, di mana kita melihat layout, grid, tipografi, ikon, tombol dan foto dengan nyaman.

design website terbaik
Website dengan hirarki yang baik by : Rachel Shillcock (Web and UX designer asal Inggris), Dalam desain website Barley, mereka menggunakan hirarki sangat baik, menggunakan konten dan citra untuk menyampaikan pesan mereka.

Hirarki membantu kita untuk membuat layout yang menarik secara visual dan membantu kita untuk mengarahkan user pada perjalanan mereka didalam website. Dengan menggunakan cara ini, memiliki hirarki visual yang baik dapat membantu Anda untuk memfokuskan daerah yang ingin kamu tonjolkan, seperti tombol "BUY NOW", "REGISTER", "SEND" maupun objek lain.

Jika digunakan dengan benar, hirarki yang jelas membantu untuk membangun pola interaksi yang tepat dengan user dan membantu aktifitas user didalam website. Hal ini juga dapat membuat lebih mudah bagi user untuk membuat keputusan dan memahami benar bagaimana mereka harus berinteraksi dengan website Anda.

Tools untuk Membangun hirarki

Ada banyak alat dan teknik yang kamu inginkan untuk membangun hirarki visual yang baik dalam desain kamu :
  • Colour
  • Contrast
  • Size
  • Alignment
  • Repetition
  • Proximity
  • Whitespace
Mudah mudahan Allah memberikan Juragan kesempatan untuk menulis tentang tools dan teknik diatas... see you gengs

web deign terbaik

web design terbaik
Website Zendesk membiarkan banyak ruang, serta penggunaan style yang baik yang berbeda dari tipografi dan imagery, untuk memandu pengunjung melalui fitur fitur utama mereka.

Artikel Terkait