Wednesday, December 2, 2015

Membangun design Website dengan efektif

Membangun design Website dengan efektif - kita akan berbicara banyak tentang pentingnya konten dalam setiap project desain. Suatu keharusan melihat dan memilah-milah sebelum kamu memulai project apapun.

Ketika mengerjakan konten pada awal proses, kita harus menentukan struktur yang akan digunakan dalam pembuatan konten. Di sini, kita melihat ide-ide yang kita punya untuk meletakkan konten kita dengan layout terbaik dan memiliki hirarki yang jelas.

Membangun design Website dengan efektif
Homepage Fusion Ads menggunakan konten yang baik untuk memperkenalkan produknya kepada pengunjung sekaligus menyajikan produk dalam Action; text heading "We make adv ...." dan tombol "BOOK NOW"

So, Bagaimana kita melakukannya ? Pertama kita harus menentukan elemen apa yang relevan dengan pengunjung website. Kita juga perlu melihat apa yang menjadi fokus dalam konten, sedikit informasi yang benar-benar ingin kita fokuskan kepada pengunjung. Kemudian, kita harus menerjemahkan elemen elemen yang relevan menjadi bentuk visual.

Memulai dengan meletakkan konten dalam cara yang berhubungan dengan struktur konten yang diinginkan. Bukan sekedar tentang judul dan paragraf baik, kita perlu berpikir lebih jauh bagaimana konten terlihat pada halaman, dan fokus yang ingin ditempatkan pada elemen. Setelah kita memiliki beberapa konten dasar, kita dapat mulai menggunakan tools yang berbeda untuk membantu memusatkan perhatian pada spot tertentu yang perlu difokuskan agar lebih menonjol.

Dibagian bawah homepage Fusion Ads, memiliki FAQ dimana semua informasi mudah dibaca

Elemen yang Bisa Digunakan


Size & Contrast

Misalnya, menggunakan ukuran untuk menarik perhatian pada judul utama. Membuat tittle lebih besar dari konten utama menunjukkan bahwa objek tersebut memiliki fokus yang berbeda dan pengguna perlu tahu itu.

Size dapat digunakan untuk memecah konten pada halaman kita menjadi beberapa bagian yang lebih kecil dan memberikan penekankan kepada bagian-bagian kecil yang dianggap penting. Size & Contrast dapat menciptakan hirarki konten visual yang lebih Contrast menambah dampak visual yang positif dalam desain Kamu.

Font Weights & Font Styles

Menggunakan font weights dan font styles adalah cara yang baik untuk menambahkan fokus yang lebih smooth kebagian penting pada konten. Menggunakan font Weights dari sebagian konten (seperti font versi bold) atau dalam style font yang berbeda (seperti italic atau underline) dapat memberikan sedikit penekanan dari konten yang mungkin ingin ditonjolkan.

Sebagai contoh, konten utama menggunakan font weight 'light' dari jenis huruf standar dapat memberikan kesan 'besar' pada judul. Contoh lihat di bawah.
membuat design yang baik
A List Apart masih bisa menampilkan konten yang mudah dicerna. Mereka menggunakan ukuran font yang berbeda dan style yang mendukung.

Colour

Variasi warna sangat efektif dalam menampilkan konten. Namun bukan berarti kamu menggunaan variasi warna di mana-mana, menggunakannya secara halus akan menambahkan fokus ke elemen tertentu.

Position & Alignment

Cara kita memposisikan konten memiliki dampak besar pada pengunjung. Gunakan sistem grid untuk menyelaraskan konten dengan baik, aligment yang baik dapat membantu untuk menceritakan kisah website dan membantu pengunjung pada sebuah perjalanan didalam website kamu.
belajar website
Warna, aligment dan grid mempunyai peranan besar dalam desain website The Verge ini. Ada banyak konten untuk dilihat, tetapi penggunaan warna mereka dapat membuat pengunjung untuk fokus pada setiap teks yang berbeda satu sama lain.

Proximity & Whitespace

Menentukan seberapa dekat atau jauh spasi untuk membangun hirarki konten visual memiliki dampak besar. Jika jarak antar objek adalah terlalu jauh, akan membuat pengunjung kehilangan alur ketika membaca halaman. Namun, elemen yang terlalu dekat justru akan menyulitkan pengunjung memahami isi konten.
belajar website
Gridset menggunakan banyak spasi di situs mereka dengan gaya teks yang berbeda dan imagery yang menyorot fitur utama dan contoh.

Assignments

Sekarang kamu tahu cara yang berbeda dapat menambah estetika visual dan penekanan pada elemen elemen tertentu, Juragan ingin kamu mempraktikkannya dalam desain sendiri. Cobalah untuk mengintegrasikan masing-masing teknik yang ditampilkan di atas agar design kamu bukan hanya sekedar "design website".

Sekian, Assalamualaikum

Artikel Terkait